Cara Cuci Sofa Sendiri Dengan Mudah Dirumah!

 

Membersihkan sofa sendiri di rumah bisa menjadi tugas yang menantang, namun dengan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan praktis untuk mencuci sofa sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Berikut ini adalah panduan praktis untuk mencuci sofa sendiri :

1. Persiapkan Alat dan Bahan

sebelum memulai, pastikan Anda sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan:

a. Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran pada permukaan sofa. Karena Vacuum cleaner mampu menjangkau celah-celah yang sulit dibersihkan.

b. Sikat Berbulu Halus

Fungsinya untuk mengangkat kotoran yang menempel pada permukaan sofa agar tidak merusak bahan sofa. Sikat bulu halus membantu membersihkan noda dan debu yang menempel lebih dalam.

c. Kain Microfiber

Untuk menyerap air dan kotoran dengan baik tanpa meninggalkan serat kain.Kain microfiber ideal untuk mengelap permukaan sofa setelah dibersihkan.

d. Ember Berisi Air Hangat

Air hangat mampu membantu melarutkan kotoran dan noda dengan efektif.

e. Deterjen Lembut atau Sabun Cuci Piring

Membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada permukaan sofa. Deterjen lembut atau sabun cuci piring tidak akan merusak bahan sofa dan aman digunakan.

f. Cuka Putih

Dapat menghilangkan noda membandel dan bau tidak sedap. Cuka putih juga memiliki sifat antibakteri yang membantu membersihkan sofa secara mendalam.

g. Baking Soda

Baking soda efektif untuk menghilangkan bau tak sedap dan membantu sofa lebih segar.

h. Spon

Membantu mengaplikasikan larutan pembersih pada permukaan sofa. Spon juga digunakan untuk membersihkan noda kotoran dengan lembut.

2. Vakum Sofa

Langkah pertama dalam mencuci sofa sendiri dirumah adalah membersihkan debu dan kotoran permukaan menggunakan vacuum cleaner. Proses ini penting untuk menghilangkan partikel debu, remah-remah makanan, dan kotoran lainnya yang dapat menumpuk di sofa.

Caranya adalah pastikan vacuum cleaner anda dalam kondisi yang baik, gunakan nozzle dengan sikat lembut atau ujung yang bisa menjangkau celah-celah. Lakukan proses ini dari atas sofa kebawah secara perlahan. Gunakanlah nozzle yang kecil untuk menyedot debu di celah-celah, pastikan anda menyedot debu hingga bagian bawah bantal dan disekitar lengan sofa.

Vakum seluruh permukaan sofa dengan gerakkan lambat dan menyeluruh. Tekan sedikit vacuum cleaner agar bisa mengangkat kotoran yang menempel pada kain sofa. Pada bagian yang sering diduduki Anda harus lebih ekstra dalam membersihkan bagian tersebut karena biasanya bagian yang sering diduduki akan cenderung lebih kotor. Jika sofa Anda benar-benar sangat kotor lakukanlah proses vakum secara berulang kali.

3. Bersihkan Noda dan Kotoran

Setelah debu dan kotoran permukaan terangkat, langkah berikutnya adalah membersihkan noda yang ada pada sofa. Untuk noda ringan, Anda bisa campurkan air hangat dengan deterjen lembut atau sabun cuci piring.

Hal pertama yang bisa anda lakukan dalam proses ini, campurkan air hangat dengan beberapa tetes deterjen lembut atau sabun cuci piring. Celupkan kain microfiber dalam larutan air tersebut, peras hingga tidak terlalu basah. Setelah itu gosok secara perlahan agar tidak merusak serat pada sofa. Untuk noda yang sulit dihilangkan, campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1 dan celupkan kain setelah itu gosokan pada noda.

4. Membersihkan dengan Baking Soda

Baking soda adalah bagian bahan yang sangat efektif untuk menyerap bau dan kotoran. Taburkan baking soda secara merata ke seluruh permukaan sofa. Biarkan selama kurang lebih 15-20 menit, ini akan membantu menyerap bau dan kotoran yang ada di dalam serat kain. Setelah baking soda selesai bekerja, vakum kembali seluruh permukaan sofa untuk menghilangkan sisa dari baking soda.

Untuk noda basah, Anda bisa menaburkan langsung pada noda tersebut dan biarkan selama beberapa jam sampai baking soda mengering dan menggumpal. Kemudian vakum sisa baking soda. Sedangkan untuk memberikan aroma segar pada sofa, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes essential oil dengan baking soda sebelum menaburkannya ke sofa.

5. Sikat dan Lap Sofa

Setelah membersihkan sofa dengan baking soda, langkah berikutnya adalah menyikat dan mengelap sofa untuk memastikan bahwa semua kotoran dan sisa bahan pembersih telah terangkat. Proses ini juga membantu menghaluskan kembali serat kain sofa yang mungkin menggumpal akibat pembersih sebelumya.

Untuk langkah ini pilihlah sikat dengan bulu halus dan lembut agar tidak merusak kain pada sofa. Sikat bulu halus akan membantu mengangkat kotoran yang menempel pada permukaan kain. Sikat permukaan sofa dengan gerakan lembut dan searah. Fokus pada area yang terlihat lebih bernoda atau kotor.

Siapkan ember berisi air bersih. Celupkan kain microfiber peras hingga tidak terlalu basah. Lap seluruh permukaan sofa lakukan dengan gerakan memutar dan lembut untuk mengangkat sisa kotoran. Untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau gunakan ujung kain microfiber atau sikat kecil. Lalu gunakanlah kain microfiber kering untuk mengelap kembali permukaan sofa. Agar sofa lebih cepat mengering dan mengangkat sisa kelembaban.

6. Keringkan Sofa

Mengeringkan sofa dengan benar sangat penting untuk mencegah pertumbuhan jamur, bau tidak sedap dan kerusakkan pada bahan sofa. Setelah proses pembersihan, pastikan sofa Anda kering sepenuhnya sebelum digunakan kembali. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengeringkan sofa dengan efektif :

a. Ventilasi yang baik

Pastikan ruang tempat sofa Anda berada memiliki ventilasi yang baik. Membuka jendela dan pintu akan membantu sirkulasi udara yang baik, mempercepat pengeringan. Udara yang segar akan membantu menghilangkan kelembaban lebih cepat dan mencegah bau.

b. Gunakan kipas angin

Arahkan kipas angin ke sofa,terutama pada bagian yang tebal dan sulit kering seperti bantal maupun sudut-sudut sofa.

c. Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari yang terlalu kuat bisa menyebabkan warna sofa memudar dan bahan sofa menjadi kering dan retak.

d. Gunakan dehumidifier

Dehumidifier akan mengurangi kelembaban udara, mempercepat proses pengeringan dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Mencuci sofa sendiri di rumah memang bisa dilakukan dengan langkah-langkah diatas. Namun, jika Anda merasa tidak yakin atau kesulitan dalam mencuci sofa sendiri, tidak perlu khawatir! Anda bisa menggunakan jasa cuci sofa dari Diracare. Diracare menawarkan layanan cuci sofa yang profesional dan terpercaya, terutama bagi Anda yang berada di Semarang. Layanan cuci sofa Diracare bisa dilakukan on the spot atau langsung di rumah Anda, sehingga Anda tidak perlu repot mengangkut sofa ke tempat lain.

Dengan menggunakan jasa cuci sofa dari Diracare, Anda bisa mendapatkan sofa yang bersih dan segar tanpa harus bersusah payah melakukannya sendiri. Hubungi Diracare sekarang juga dan nikmati kenyamanan serta kebersihan sofa di rumah Anda!

 

 

 

Share This :

Social Media

Open chat
Halo! Silahkan Hubungi Kami Lewat Sini!