Dira Care Laundry
Semarang, Jawa Tengah
081216321632
Logo Dira Care Laundry Semarang

Jangan Sampai Salah, Berikut Tips Merawat Karpet Vinyl

Penggunaan karpet vinyl dibandingkan lantai keramik telah menjadi tren belakangan ini. Karpet vinyl sendiri adalah sejenis karpet lantai yang terbuat dari material PVC. Lapisan terluar karpet ini terbuat dari uv coated wear yang membuat permukaan karpet vinyl ini licin dan mengkilap. Karpet vinyl memiliki banyak pilihan warna dan corak. Karpet vinyl menjadi pengganti kayu yang biasanya digunakan sebagai lantai karena coraknya yang memang seperti potongan kayu. Jika dilihat dari penggunaanya, tentu karpet vinyl lebih menguntungkan karena bisa lebih awet dibandingkan menggunakan kayu.

Karpet vinyl memiliki bentuk yang tipis sehingga bisa rusak sewaktu-waktu apabila salah dalam perawatannya. Namun jika Anda tahu dan dapat merawat karpet vinyl dengan benar, tentu hal tersebut tak akan terjadi dan karpet vinyl akan menjadi awet. 

Untuk Anda yang ingin memasang karpet vinyl di rumah, pastikan terlebih dahulu Anda tahu dan paham cara merawat karpet vinyl. Berikut tips merawat karpet vinyl yang dapat Anda lakukan.

1. Bersihkan Karpet Vinyl 

Tips yang pertama adalah membersihkan karpet vinyl dengan skala rutin agar karpet dapat terhindar dari debu serta kotoran yang menumpuk. Kotoran yang menumpuk dan mengendap di karpet vinyl akan membuat karpet vinyl menjadi kusam sehingga tidak enak dilihat. Anda bisa membersihkan karpet vinyl dengan cara disapu atau divakum menggunakan vacuum cleaner. 

2. Pel karpet Vinyl 

Setelah langkah pertama dilakukan, Anda dapat mengepel karpet vinyl. Cara mengepelnya sama seperti mengepel lantai pada umumnya tetapi cairan pembersih yang digunakan berbeda. Mengepel karpet vinyl harus menggunakan cairan pembersih khusus. Cairan pembersih yang bisa digunakan ialah MPC. Cairan pembersih ini mampu membersihkan lantai sekaligus merontokkan noda membandel yang menempel pada karpet vinyl. 

Proses mengepel karpet vinyl sebaiknya dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pembersih ke karpet vinyl kemudian digosok menggunakan kain lap yang lembut. Jika sudah selesai, pastikan karpet vinyl telah benar-benar kering. Hal ini dilakukan agar karpet vinyl tidak lembab sehingga terjadi kerusakan. 

3. Pakai Larutan Baking Soda dan Cuka

Larutan kedua bahan ini bisa menjadi alternatif ketika Anda kesulitan mencari cairan pembersih khusus karpet vinyl. Larutan baking soda sangat ampuh dalam membersihkan karpet vinyl serta mencegah warna kusam pada karpet vinyl. Sementara larutan cuka mampu mengembalikan warna karpet vinyl yang kusam menjadi mengkilap dan tampak seperti baru. 

4. Segera Keringkan Tumpahan Air pada Karpet Vinyl

Jika karpet vinyl terkena tumpahan air yang sedikit, tidak apa-apa. Namun jika karpet vinyl sudah terkena dan kejatuhan air dalam jumlah yang banyak maka perlu dikeringkan segera. Karpet vinyl yang basah berpotensi menjadikan karpet vinyl lembap dan cepat rusak. 

5. Hilangkan Goresan pada Karpet Vinyl dengan Minyak Zaitun atau Baby Oil 

Karpet vinyl sewaktu-waktu bisa mengalami goresan. Namun Sekarang ini tidak perlu khawatir, karena dengan minyak zaitun, karpet Anda dapat teratasi dari goresan. Pengaplikasiannya cukup mudah, Anda hanya perlu menuangkan  minyak zaitun atau baby oil ke kain yang halus. Kemudian gosok secara perlahan ke bagian karpet vinyl yang terkena goresan. Namun tips ini hanya bisa dilakukan untuk goresan yang masih halus, bukan goresan yang sudah terlalu dalam. 

Setelah membaca pembahasan diatas, pasti Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Jika masih kesulitan, Anda dapat menggunakan jasa Dira care kami. Dira care siap  membantu Anda dalam mengatasi segala permasalahan mengenai karpet vinyl yang Anda miliki. 

Itulah tips merawat karpet vinyl yang bisa Anda lakukan dirumah. Semoga bermanfaat.