Dira Care Laundry
Semarang, Jawa Tengah
081216321632
Logo Dira Care Laundry Semarang

Proses dan Tahapan Poles Lantai yang Perlu Dipahami

Keadaan lantai setelah penggunaan vacuum cleaner berlebihan dan sapu yang keras membuat lantai tergores dan kehilangan keindahannya. Tak jarang juga perabotan yang diletakkan di atas lantai tanpa alas akan menimbulkan kerak yang sulit dibersihkan hanya dengan menggunakan kain pel. Selain rutin disapu dan dipel, ternyata lantai perlu juga untuk dipoles.

cuci karpet - cuci karpet semarang

Dengan memoles lantai, lantai akan menjadi halus dan indah. Poles lantai adalah solusi agar lantai tampak bersih dan kembali baru seperti semula. Adapun jenis lantai seperti granit dan marmer yang tergolong jenis lantai yang mahal dan perlu perawatan yang cukup rutin seperti poles lantai agar selalu tampak indah.

Dalam memoles lantai pun ada hal yang perlu diperhatikan dan tidak boleh dianggap sepele. Karena jika sembarangan memoles, lantai tidak bisa bersih maksimal. Berikut proses dan tahapan poles lantai yang perlu dipahami.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Daftar Alat dan Bahan yang harus digunakan antara lain: 

– Mesin Polisher

Supaya hasil akhir pemolesan lantai menjadi halus dan mengkilap, gunakan mesin polisher yang berkualitas dan bermerek. Sebaiknya gunakan mesin polisher yang dapat diubah-ubah ujungnya (diamond disc). Untuk tahap awal pemolesan, gunakan polisher dengan diamond disc 500. Untuk tahap finishing Anda dapat menggunakan polisher dengan diamond disc yang lebih halus. 

– Diamond Disc

Diamond Disc adalah alat pembersih yang dipasang diujung mesin polisher. Ukuran  diamond disc yang bisa digunakan adalah ukuran 500 sampai 3000. 

– Vacuum Cleaner Wet & Dry

Alat ini digunakan untuk mengangkat sisa air setelah proses pemolesan tahap awal pada lantai telah selesai.

– Air Secukupnya

Air digunakan agar pemolesan lantai menggunakan polisher menjadi lebih mudah.

2. Basahi Lantai 

Hal pertama sebelum memoles lantai dengan polisher adalah basahi lantai menggunakan air secukupnya. Cukup menggunakan air secukupnya saja hingga lantai basah secara menyeluruh. Hal ini dilakukan agar pemolesan lantai dengan polisher menjadi lebih mudah. 

3. Poles Lantai

Selanjutnya Anda dapat mulai menghidupkan mesin polisher. Setelah menyala, arahkan polisher ke lantai yang hendak dipoles. Kemudian bersihkan dengan cara menggerak-gerakkan polisher secara berulang. Anda dapat menggunakan pola melingkar berulang-ulang. Lakukan langkah ini dengan teliti supaya hasil lantai yang didapat juga maksimal. Lakukan langkah ini ke semua bagian atau permukaan lantai. Jika dirasa masih kurang cukup bersih, Anda dapat mengulangi lagi proses pemolesan ini dari awal. Lakukan proses pemolesan ini dengan hati-hati.

4. Vakum Menggunakan Vacuum Cleaner Wet & Dry

Setelah pemolesan tahap awal selesai, gunakan vacuum cleaner wet & dry untuk membersihkan air dan kotoran sisa hasil pemolesan. Bersihkan hingga benar-benar bersih agar dapat melanjutkan ke proses selanjutnya. 

5. Ganti Disc

Untuk tahap finishing, gunakan polisher kembali tetapi ganti discnya ke ukuran yang lebih halus yaitu 800. Ulangi lagi pemolesan hingga lantai mengkilap sempurna. Anda dapat mengulangi proses ini jika dirasa lantai kurang mengkilap. 

Mesin polisher memang terbilang sangat mahal mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah. Anda tidak bisa sembarangan membelinya karena mesin ini digunakan hanya saat diperlukan seperti memoles lantai. Pemolesan lantai pun tidak dilakukan secara sering. Solusi untuk pemolesan lantai dapat Anda serahkan kepada jasa poles lantai seperti dira care. Dira care telah memiliki tim yang berpengalaman dalam mengatasi permasalahan home cleaning, elain itu kami juga menggunakan alat yang modern dan canggih agar lantai Anda dapat dipoles dengan baik. Kami akan membantu pemolesan lantai Anda sehingga lantai Anda bersih dan mengkilap seperti baru. 

Post Lainnya
Open chat
1
Scan the code
Hi 👋
Gunakan Chat ini untuk order layanan kami